Kamis, 23 Desember 2010

REONI PERAK ANGKATAN 85

Mohon dapat diinformasikan kepada Kakak/Adik dan teman-teman smua Alumni SMPN 6 Kota Cirebon angkatan 1985, Insya Allah akan diadakan Gebyar Reuni Perak pada Hari Minggu tgl. 26 Desember 2010, tempat renc. di Kampus SMPN 6 Kota Cirebon, utk informasi lbh lanjut Hub. Dedi Supriadi (Ketua) HP. 085863851787 dan Gunawan (Waka) HP.081564624531, Tks.

(info by. http://www.facebook.com/group.php?gid=91838524143 )

Agenda Kegiatan Penyerahan Raport Semester Ganjil

Agenda Kegiatan Penyerahan Raport Semester Ganjil
Penyerahan laporan Hasil Belajar Siswa untuk semester ganjil tahun 2010-2011 adalah sebagai berikut.

1. Kelas VII dan Kelas VIII
a. Hari/ tanggal : Jum'at, 24 Desember 2010
b. Waktu : Pukul 08.00 WIB
c. Tempat : Ruang Kelas masing-masing
d. Acara : Penyerahan Raport Semester Ganjil

2. Kelas IX
a. Hari/ tanggal : Jum'at, 24 Desember 2010
b. Waktu :
Kelas IX A dan IX B : Pukul 08.00 WIB
Kelas IX C dan IX D : Pukul 08.30 WIB
Kelas IX E dan IX F : Pukul 09.00 WIB
Kelas IX G dan IX H : Pukul 09.30 WIB
c. Tempat : Ruang Kelas masing-masing
d. Acara : Penyerahan Raport Semester Ganjil , Informasi Pendalaman Materi

(Salinan Informasi by. Nurhadi, S.Pd. PKS. HUMAS.)

Minggu, 17 Oktober 2010

Pertemuan Orang tua kelas 9 mengecewakan

waduh ... judulnya ko ya angker gheto ea?
ea sih dimana pertemuan sebelumnya antara orang tua kelas 7 dan kelas 8 berjalan sesuai rencana dan kebijakan, namun dengan para orang tua kelas 9 ko seperti kurang dan tidak mendukung, tapi apapun juga ya mungkin para orang tua punya alasan sendiri, dan pihak sekolah pun hanya sekedar menawarkan.... , adapun setuju atau tidak ya dikembalikan pada orang tua siswa itu kembali
tapi ada baiknya bisa baca sepenggal kisah yang mungkin menggugah hati nurani kita semua Klik Disini, semoga bisa bermanfaat dan sukses dan maju terus SMP Negeri 6 tercinta ini

Rabu, 06 Oktober 2010

Keseharian 10 hari pertama oktober 2010

SMPN6 mengadakan beberapa kegiatan dalam 10 hari pertama di bulan oktober 2010 ini, adapun beberapa kegiatan tersebut ini :
1. Perkemahan di kuningan.... info lengkap klik disini
2. Undangan Pertemuan Orang Tua Siswa Kelas 7..... info lengkap klik disini
3. Rencana Undangan Pertemuan Orang Tua Siswa Kelas 8..... info lengkap klik disini
4. Rencana Kegiatan Melihat Pembuatan Garam Anak-anak kelas 8 .... info lengkap klik disini
5. Rencana Silaturahmi ke Rumah Pa Suradi, M.Pd, .... info lengkap klik disini
nah itu beberapa kegiatan yang bisa dimuat di blog SMPNegeri 6 Kota Cirebon kesayangan kita semua, moga beritanya bisa bermanfaat dan jadi media info bagi warga SMP negeri 6 kota cirebon tercinta ini... amien ....

Selasa, 27 Juli 2010

SMPN 6 Kota Cirebon Menerapkan CTL

CTL atau pembelajaran metoda Contextual Teaching Learning diterapkan SMPN6 Kota Cirebon, proses ini untuk menunjang perubahan dari SSN menuju RSBI, sehingga pembenahan pembenahan mulai dilakukan disegala bidang tidak ketinggalan bidang penyampaikan dan gaya serta cara mengajar




Nah ini bahasa baru kali ea, ga juga udah lama kok, itu loh istilah pembajaran PAKEM atau PAIKEM, dimana siswa belajar dengan metoda modern dan meninggalkan metode konvensional, katanya ciri khas pembelajaran nya tidak laghi guru memberi ceramah dan siswa mendengarkan, tapi cirinya siswa mempraktekkan atau mengerjakan sesuatu sehingga apa yang ia perbuat diharapkan, bisa masuk terekam ke memorinya dan mengingat ilmu yang telah didapatnya, dan contoh kecil nya adalah siswa tidak laghi sendiri sendiri melainkan belajar group atau kelompok atawa together


wealah kontan serentak semua guru guru pada ngajarnya pakai metode kelompok semua.. mpe siswa2 jadi bingung kok semua guru jadi pake metode kelompok semua sich......

Senin, 26 Juli 2010

SMPN 6 kota Cirebon Mengadakan Razia HP & CD

Wah senin kelabu mungkin judulnya nich, dikala pagi yang hujan rintik-rintik, harus tetap upacara, ea lah sebagai warga negara indonesia eang baek harus tetap upacara...

nah laghi asik-asiknya nak nak upacara tibalah saat untuk merzia Hp dan Cd dan apalah yang dicurigai untuk penyebaran pornografi, maklumlah menghadapi pornografi emank sulit banget di zaman sekarang ini, jadi ini salah satu ajah supaya anak didik kita bisa lebih bersih, karena program yang telah dilaksanakan seperti memanjangkan celana untuk siswa dan rok untuk siswi diharapkan bisa juga meredam buruknya moral yang telah dihancurkan pornografi dari dunia luar melalui iternet


alhasil banyak ditemukan HP, dan CD, tapi alhamdulillah, dari sekian banyak hape tidak satupun yg didapati yang mengandung pronografi, malah yang ada didapat SMS menggelitik yang sempat dibacakan Ibu Salmi selaku Wakasek SMPN 6 Kota Cirebon,

wah hasil nya byk anak ribut kehilangan HP, tapi ga mengapa mereka eang sadar, bahwa Hp hanya disita sementara, tapi setelah diamankan siang hari bisa dikembalikan kembali

Sabtu, 17 Juli 2010

SMPN 6 Cirebon Baksos ke 3 tempat sekaligus

Dalam rangka memperingati hari Isro Mi'roj, SMPN6 Kota Cirebon, sekaligus syukuran para siswa eang diterima di SMPN 6 dan siswa kelas 7 eang naek ke kelas 8, dan kelas 8 eang naek ke kelas 9, juga para kelas 9 eang lulus dan masuk diterima di sekolah pilihannya masing-masing, para siswa di komandoi para guru dan pengurus OSIS mengadakan bakti sosial dengan membagi-bagikan sedikit makanan dan minuman seperti mie instant, aqua gelas, dan beras, ke tiga tempat sekaligus :
1. Yayasan Madinatul Jannah







2. Panti Asuhan Muawanah







3. Panti Jompo







Demikian bakti sosial kali ini ditutup dengan makan bersama di baso kesambi Jl. Sutomo, dan semoa amal baik kita semua warga SMPN6 Kota Cirebon, diterima Allah yang maha kuasa.

Kamis, 15 Juli 2010

Noni si juara bilyar PORDA Jawa barat

Hasil mengembirakan diraih oleh Pebilyar Putri PORDA Kota Cirebon NONI KRYSTIANTI ANDILAH yang sukses menjuarai turnamen Bilyar “ Nine Ball Tournament Pemula– Junior se Kota Cirebon “ Tahun 2010 yang berakhir kemarin di Spot Bilyar.
Di Laga Final, NONI yang masih belia ni sukses menghempaskan LUTFI sebagai Juara ke 2 dengan skor tipis 6 – 5. Sedangkan Juara 3 diraih oleh IWAN usai menaklukkan DENTA.

Kepada RRI NONI KRYSTIANTI ANDILAH mengatakan, kemenangan tersebut menurutnya menjadi bekal berharga untuk berjuan nanti di babak Utama PORDA 11 Jawa Barat Awal Juli di Bandung.

NONI menegaskan Pola serangan dan permainan lawan dalam kejuaraan se Kota Cirebon tersebut sangat berkelas dan cukup membuatnya kelabakan untuk meraih kemenangan di tiap Game.

NONI mengakui, pada Babak Utama PORDA 11 Jawa Barat nanti, mungkis persaingan akan lebih ketat namun jika konsentrasi latihan dan intens mengikuti berbagai turnamen bisa membuka lebar peluang untuk mempersembahkan medali emas bagi Kota Cirebon. Menanggapi Hasil gemilang dari Pebilyar Putrionya tersebut menejer Kontingen PORDA Kota Cirebon WIHARTO OOK mengaku bangga dan berharap torehan prestasi di Kota Cirebon tersebut menular di PORDA 11 Jawa Barat.

Sumber : http://www.rricirebon.info

Rabu, 14 Juli 2010

Seragam Rok Panjang

SMPN 6 Cirebon memberlakukan pakaian seragamnya dengan bawahan panjang, sebelumnya, bawahan pendek sama seperti SMPN lain pada umumnya, namun tahun ini dibuat kebijakan untuk memanjangkan bawahan, baik untuk siswa maupun siswi, dan besok kamis 15 juli 2010 mungkin hari pertama serentak semua siswa menggunakan seragam berbawahan panjang

Kalau dilihat memang kelas 9 dan kelas 8 sudah mulai menggunakannya, ea agak kelihatan lebih rapih dan sopan, dibanding jika bawahan pendek, dan diharapkan dengan bawahan panjang ini semua warga jauh lebih berbudi luhur, dan tidak terjadi hal hal negatif yang tidak diinginkan, kerena rok panjang hanya sekedar penahan saja, tidak menjamin terhindar dari hal-hal negatif, lebih utamanya bentengi diri kalian semua masing-masing dengan iman, dan mohon perlindungan kepada Allah SWT

Senin, 12 Juli 2010

Hari Pertama Tahun Ajar 2010 2011

Hari ini senin 12 juli 2010 menjadi hari pertama masuk sekolah tahun ajar 2010 2011, anak anak antusias untuk memulai aktifitasnya, kelas 7 selamat datang dan bergabung untuk acara MOS, selamat menjadi keluarga besar SMP negeri 6 Kota Cirebon, semoga disekolah ini kalian bisa mengembangan bakat minat serta keilmuan kalian

Kepada kelas 8 dan kelas 9 seyogyanya kalian telah diberi libur yang lumayan cukup, hendaknya dijadikan istirahat yang cukup untuk kembali beraktifitas, dan siap menerima ilmu ilmu lanjutan sehingga dapat meningkatkan keilmuan kalian, serta dapat emmberi contoh kepada adik2 kelas kalian contoh, contoh2 yang baik tentunya.

Akhir kata, jadikan hari ini lebih baik dari kemarin dan besok harus lebih baik dari sekarang....
moga moga ....

Yang belum Tahu kelas klik Disini
Yang belum Tahu Jadwal Klik Disini

Sabtu, 10 Juli 2010

Persiapan MOS dan Pembagian Kelas 8 9 dimulai

Hari ini sabtu 10 juli 2010, wlau tanggal merah, tidak menyusutkan semangat untuk tetap maju berangkat kesekolah sebagai persiapan MOS yang akan diadakan 3 hari di mulai hari senin besok, para peserta didik barupun antusias mengikuti acara tersebut, sampai berita ini dilansir acara masih berlanjut namun belum ada tim dokumentasi untuk visual, jadi masih serba teks dahulu.

adapun informasi untuk kelas 7 dan 8 yang naik menjadi kelas 8 dan 9, untuk seragam putih biru mengalami perubahan, yakni bawahan panjang, untuk laki-laki celana panjang, dengan ukuran normal tidak kebesaran dan tidak model cangcuter, dan bagi perempuan rok panjang rempelan , serta baju mengikuti kerudung, jika memakai kerudung maka lengan panjang, namun jika tidak mengunakan kerudung maka lengan pendek

serta untuk absensi kelas sudah diatur sebagai berikut :
kelas 8, kelas 9 semoga tahun ajar kali ini, bisa menjadi awal yang baik untuk kedepannya, walau ada sedikit kekecewaan atas proses PPDB yang sedikit kisruh dan pelik, namun apapun juga, ayo maju terus SMP negeri 6 tercinta ini.....

Rabu, 07 Juli 2010

Daftar Ulang

Hari ini rabu tanggal 7 juli 2010 mulai diadakan daftar ulang, para calon peserta didik diharapkan datang mendaftar ulang dengan membawa, perlengkapan administrasi yang telah ditetapkan dan datang sesuai jadwal serta tempat ruang yang telah ditentukan, sehingga diharapkan proses daftar ulang ini menjadi aman dan lancar, dan daftar ulang tahun ini dilansir tidak ada biaya apapun juga alias GRATIS.. TIS.. TIS..

Semoga ini juga menjawab kegundahan para orang tua siswa yang sudah ketar-ketir, masuk sekolah saja sudah susah, sekarang sudah diterima juga masih bingung biaya, apalagi yang misalnya adiknya masuk SMP kakaknya masuk SMA, kakaknya lagi masuk kuliah, ditambah punya adik baru, dan pengais bungsu masuk SD, ditambah ketitipan ponakan juga, dan syarat bapaknya naek pangkat atau golongan yang harus kuliah lagi S1, maka lengkaplah sudah penderitaannya,. hehehe

maka dengan tanpa ada biaya masuk ini hendaknya disyukuri dengan baik, dan jangan lupa bersyukur kepada yang maha kuasa, amin....

Selasa, 06 Juli 2010

PPDB akhirnya telah Final

PPDB tahun ajar kali ini yakni tahun 2010-2011 telah memasuki masa final, dengan perjuangan yang dari pagi sampai malam hari baru selesai sekitar jam 12 malam, proses yang cukup melelahkan, guna memilih dan menyaring anak-anak unggulan terbaik penerus bangsa Indonesia tercinta ini, dan Alhamdulillah tidak mengalami seperti PPDB di Jakarta yang dikabarkan mengalami kerusakan Server Sehingga PPDB harus di ulang dari awal kembali dan pengumuman diundur.

Namun ada masukan bagi operator tim PPDB SMP Negeri 4, supaya lebih meningkatkan atau mencari tim yang lebih kondusif sehingga tidak menghambat proses bursa, yang katanya nota bene tahun kemarin pun terjadi hal yang sama, jadi sudah selayaknya masukkan ini diperhatikan oleh SMP Negeri 4 Kota Cirebon

Bagi para peserta didik baru yang diterima di SMP Negeri 6 Kota Cirebon, kami ucapkan selamat dan selamat bergabung di keluarga besar SMP Negeri 6 kota Cirebon, semoga sesuai dengan pilihan, dan bagi yang tidak diterima semoga juga bisa diterima di pilihan ke dua,

Namun bagi yang tidak diterima disekolah negeri, jangan bersedih hati, karena kegagalan hari ini, adalah keberhasilan di kemudian hari..., dan masih banyak sekolah swasta yang tidak kalah berkualitas seperti :

Sekarkemuning
Nurusshidiq
SMK Informatika Al-Isyad Al-Islamiyah
Santamaria

dan akhirnya terjawab sudah teka-teki dan harap-harap cemas serta "deg-degan" nya para orang tua siswa atau bahkan siswa itu sendiri, tapi apapun juga dedegan itu wajar, karena jika sudah tidak degdegan malah alamat bahaya :D ....

dan tetap untuk info terkini klik disini

Jumat, 02 Juli 2010

SMPN 6 kota Cirebon terdepan dalam penyampaian Passing Grade

Web atau blog atau situs SMPN 6 Kota Cirebon dinyatakan sebagai penyebar informasi tercepat dan teraktual dalam hal menyampaikan Informasi Passing Grade PPDB, ckckck..... itu celetukan salah seorang orang tua siswa yang mendaftarkan anaknya ke SMP Negeri 6, karena memang di tengah ketar-ketirnya kekawatiran di benak dan hati para orang tua siswa yang agak sedikit harap harap cemas menghadapi diterima atau tidaknya pendaftaran.

Dari situlah pengasuh blog berinisiatif untuk segera kejar tayang, mengingat dan mempertimbangkan pentingnya Informasi Passing Grade, karena pengasuh blog juga kemungkinan akan ketar-ketir juga jika memiliki anak yang sedang dalam masa pendaftaran peserta didik baru seperti ini.

Namun sayang informasi tercepat dan terkini baru dikelola oleh SMP Negeri 6 Kota Cirebon, disusul oleh SMP Negeri 4 Kota Cirebon, SMP Negeri yang lain mungkin segera menyusul diharapkan sehingga bisa meminimalisis kekhawatiran para orang tua siswa yang mendaftarkan anak didiknya baik di SMP maupun di SMA, namun apapun juga semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi kita semua, tanpa menyalahkan pihak manapun karena kembali ke kita masing-masing yang saling memiliki keterbatasan serta kelebihan yang berbeda-beda, hendaknya saling mengisi dan melengkapi kekurangan, ayo bangkit dan maju terus para blogger SMP

Untuk info passing grade terkini klik disini

Kamis, 01 Juli 2010

Passinggrade Terkini SMP SMA se kota Cirebon

Informasi terkini tentang passing grade sekolah SMP dan SMA di kota cirebon dapat dikases melalui alamat berikut ini



Info terkini


Semoga bisa bermanfaat dan membantu menentukan pilihan masuk ke sekolah

Rabu, 30 Juni 2010


PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB)
SMP NEGERI 6 KOTA CIREBON
TAHUN PELAJARAN 2010/2011

  1. PENDAFTARAN CALON PESERTA DIDIK BARU SMP REGULER DILAKUKAN SECARA KOLEKTIF OLEH SEKOLAH ASAL.
  2. PENDAFTAR DARI LUAR KOTA DAN LULUSAN TAHUN SEBELUMNYA DILAKUKAN SECARA PERORANGAN.

SYARAT – SYARAT :
  1. MENGISI FORMULIR PENDAFTARAN.
  2. FOTOCOPY IJAZAH SD/MI ATAU SURAT KETERANGAN LAIN YANG SETARA YANG TELAH DILEGALISASI KEPALA SEKOLAH DENGAN MEMBAWA ASLINYA.
  3. MELAMPIRKAN SKHUASBN ASLI.
  4. PHOTO 3 x 4 CM SEBANYAK 2 ( DUA ) LEMBAR.
  5. MELAMPIRKAN FOTO COPY KARTU KELUARGA ( KK ) DAN MENUNJUKKAN ASLINYA.
  6. MELAMPIRKAN FOTO COPY PIAGAM KEJUARAAN ( AKADEMIK ATAU NON AKADEMIK ) MINIMAL JUARA 1 TINGKAT KOTA YANG TELAH DILEGALISASI OLEH DINAS PENDIDIKAN DAN MENUNJUKKAN ASLINYA (JIKA ADA).
  7. USIA CALON PESERTA DIDIK SETINGGI-TINGGINYA 18 TAHUN PADA SAAT PENDAFTARAN.

WAKTU PENDAFTARAN :

TANGGAL : 29 JUNI 2010 S.D. 2 JULI 2010
PUKUL : 08.00 S.D. 14.00 WIB

PENGUMUMAN HASIL PPDB
TANGGAL 6 JULI 2010

Selasa, 29 Juni 2010

PPDB : Penerimaan Peserta Didik Baru

Kalau tahun kemarin sih bernama PSB : Penerimaan Siswa Baru, ya rubah dikit lah..., nah untuk penerimaan kali ini SMP Negeri 6 Kota Cirebon Dimulai dari hari selasa 29 Juni 2010, adapun untuk informasi pendaftaran dan info terkini lihat klik Klik Disini

Penerimaan tahun ini, didasarkan kepada NEM : Nilai eh apa ya (Nilai UN) kali ya.... ya biasa lah ganti ganti istilah, yang semestinya NEM : Nilai Ebtanas Murni...., jadi tidak lagi menggunakan Tes ...,

Semoga PPDB tahun ini berjalan lancar aman dan terkendali....,
Kepada para calon peserta didik baru bisa memanfaatkan informasi ini dengan baik
Kepada Panitia semoga sukses dan lancar aman terkendali
amien ......

Informasi Bagi Kelas 9 SMP Negeri 6 Kota Cirebon

Bagi para siswa kelas 9 yang mendaftar kolektif ke SMA dan SMK2
harap hadir disekolah pada hari rabu 30 juni 2010, pukul 08.00WIB
dengan membawa perlengkapan :

1. Pensil 2B SMA 7
2. Alat Tulis (Tatakan LJK)
3. Penghapus pinsil 2B

Diharapkan sarapan duhulu dan bawa bekal

Sekian Terima Kasih

Sumber berita : Ibu Sumarni dan Ibu Siti Inah Rokayah

Selasa, 08 Juni 2010

UKK Ujian Kenaikan Kelas

UKK dilaksanakan mulai 7 juni 2010 sampai 12 juni 2010, ujian ini semoga menjadi ajang menunjukkan prestasi bagi para siswa-siswi, karena bukan laghi di eposide para pencontek berkeliaran, ngobrol saat ujian, bengong dan nungguin bantuan temen, ayo buktikan kalian pelajar yang mampu bersaing secara sehat, ayo tunjukkan prestasi dan bakat kalian di UKK kali ini, jangan cuman bisa nonton orang laen berprestasi, tapi ayo berlomba,

mari berantas pencontekkan seminimal mungkin, budayakan malu mencontek, dan hindari celetukan, "wah kayak dulunya ga mencontek ajah", ya kalau mau dijawab penulis, "emank punya bukti fisik apa bisa nuduh penulis mencontek waktu dulu?", nah loh????

udah deh ayo ga usah melihat kejelekkan dibelakang hari kita songsong hari esok yang lebih gemilang...., ga usah nengok-nengok laghi masa lalu ("lah wong kalo belajar sejarah ajah pada ngantuk kok"), lah ini ngungkit masa lalu, cuapek dech......

mari kita mulai dari hal terkecil, mulai sekarang, dan tekadkan dalam hati hari ini lebih baik dari kemaren, dan besok lebih baik dari hari ini, semoga sukses.......


bagi yang ingin uji coba UKK online TIK khususnya kelas 7 klik Disini

Selasa, 18 Mei 2010

KEPALA SMPN 6 KOTA CIREBON RAIH JUARA KEPALA SEKOLAH BERPRESTASI

Suatu kebanggaan tersendiri bagi keluarga besar SMP Negeri 6 Kota Cirebon, di mana Kepala SMP Negeri 6 Kota Cirebon yakni Ibu Sri Murtiani, S.Pd. untuk tahun ini meraih juara Kepala Sekolah Berprestasi tingkat SMP Kota Cirebon.

Kepala Disdik Kota Cirebon yang juga penanggung jawab seleksi guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas berprestasi, H. Dedi Windiagiri di dampingi kepala bidang pendidikan dasar yang juga ketua I, Oma Rustama mengatakan, penilaian guru, Kepala Sekolah, dan pengawas berprestasi tingkat kota dilakukan dengan pertimbangan penjaminan dedikasi, prestasi kerja dan profesionalisme.

"Karena itu, mereka yang ditetapkan sebagai guru, Kepala Sekolah dan Pengawas berprestasi benar-benar hasil penilaian tim penilai secara obyektif, sesuai tingkat kemampuan masing-masing peserta dan dilakukan melalui penyaringan yang cukup ketat," Kata Dedi, Senin (19/4). dikutip dari Kabar Cirebon 20 April 2010.

Semoga dengan terpilihnya Kepala SMP Negeri 6 Kota Cirebon sebagai Kepala Sekolah Berprestasi , akan menjadikan SMP Negeri 6 semakin maju dan berprestasi diberbagai bidang pendidikan lainnya. Amiiin.

KEMERIAHAN PELEPASAN SISWA KELAS 9 TAHUN 2010

Ada yang berbeda dalam perayaan pelepasan siswa kelas 9 tahun ini, pasalnya tahun ini pertamakalinya SMP Negeri 6 melakukan kerja sama dengan pihak seponsor yakni operator seluler AXIS dan minuman yang telah kita kenal bersama yakni fanta dan cocacola, dan untuk pertamakalinya pula SMP Negeri 6 kedatangan bintang tamu yakni Free Noize band yang telah cukup punya nama di belantika musik Band Cirebon. Yang lebih menghebohkan lagi ternyata vokalis dari band tersebut merupakan alumnus SMP Negeri 6 Kota Cirebon angkatan tahun 2003, sungguh suatu hal yang sangat membanggakan.

Hal yang berbeda pula ialah perayaan pelepasan kelas 9 kali ini juga tidak di laksanakan di dalam aula SMP Negeri 6, namun di laksanakan di halaman luar, yakni di lapangan basket SMPN 6. Hal ini dikarenakan banyaknya keluhan dari siswa yang mengatakan, "di dalam ruangan aula itu panas dan suara sonsystemnya terlalu gaung", ujar Mochamad Miroj, S.Pd. selaku ketua panitia penyelenggara perayaan pelepasan siswa kelas 9 tahun ini.

Dalam kegiatan ini aksi panggung yang memukau ditampilkan oleh siswa SMP Negeri 6 dengan meriah melalui sederetan penampilan SENI DEGUNG yang ditampilkan oleh siswa life skill Seni Karawitan asuhan Bapak Kusnendar, TARI TOPENG KLANA perwakilan dari kelas 9A, TARI TOPENG SAMBA persembahan PUTRI DKK yang merupakan gabunngan dari anak-anak kelas 8, TARI TOPENG KELANA perwakilan dari kelas 9F, takalah menariknya dan agak sedikit mengandung unsur komedi ialah persembahan TARI RONGGENG PESISIR dari kelas 9F, KURCACI BREAK DANCE pun selaku bintang tamu turut memukau para penonton walupun di gelar tidak di atas panggung melainkan di area lapangan parkir. TRIPLE A DANCE 9G, 69 BAND KLS.9B, MUSIKALISASI PUISI OLEH TERIYAKI 9A, RAU BAND, THE MAGIX BAND yang merupakan gabungan dari siswa kelas 9 pun turut beraksi, EX_BE DANCE yang di koordinatori oleh DIANI DKK, PEPERMINT BAND, SIXSENSE DANCE oleh VINDA DKK, PADUANA BAND yang merupakan perwakilan dari kelas 8H, THE MESIS BAND dari kelas 9B , ABARAI BAND dari kelas 9G, KUSEMD BAND dari kelas 9C, DAN ROXAS BAND dari kelas 8D takalah memukau dan mendapat sambutan meriah dari para penonton.

Namun dalam kemeriahan itu ada saat menyedihkan ketika perwakilan dari kelas 9 mengucapkan pesan-pesannya melalui penampilan paduan suara yang melantunkan lagu selamat tinggal guru tercinta dan ucapan perpisahan yang di ucapkan dengan empat bahasa, yakni bahasa Sunda, bahasa Cirebon, bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Keharuan itu semakin memuncak takkala masing-masing dari peserta paduan suara tersebut turun panggung dan memberikan sekuntum bunga kepada para guru sebagai pertanda cinta dan hormat yang tulus dari kelas 9. Tak banyak guru-guru SMN 6 yang mampu menahan air matanya ketika menerima pemberian bunga tersebut.

Keharuan itu pun berlanjut manakala paduan suara dari OSIS SMPN 6 naik panggung dan melantunkan lagu selamat jalan serta memberikan sekuntum bunga kepada siswa kelas 9. Sungguh pemandangan yang menguras air mata.

Dan pelaksanaan kegiatan perayaan pelepasan kelas 9 SMP Negeri 6 Kota Cirebon pun berjalan dengan sangat hikmat ketika upacara adat di laksanakan.

Di akhir acara berbagai doorprize pun seperti bolpoin, kartu perdana, tisert Axsis, dll. dibagikan kepada para penonton yang dapat menjawab pertanyaan yang ditanyakan oleh MC RAMA yang merupakan MC cukup kondang di wilayah Kota Cirebon. Dan kali ini nasib mujur di raih oleh Bapak Moch. Miroj, S.Pd. dan saudara AFrijal Maulana Kelas 8C yang mendapatkan hadiah utama berupa Hand Phone Axsis Vitel.

Selamat kepada para penonton yang memperoleh doorprize tahun ini, semoga perayaan pelepasan kelas 9 tahun depan akan lebih baik dari sekarang,.. Amiiiin !!!

Senin, 10 Mei 2010

Hasil UN 2009 2010 asli ga ya......


Wah melihat Hasil UN segembira ini, terharu juga.... walau hasil yang dicapai menurun dari tahun kemarin, tapi ini lah hasil perjuangan, dimana siapa berjuang pasti menimba kebanggaan.....

ayo terus maju generasi muda, dipundakmu negara ini 5 tahun 10 tahun kedepan, jangan sia-sia kan masa mudamu

terbukti hasil yang membanggakan ini, hasil dari sebuah perjuangan, dan so pasti asli loh.... ada yang lulus dan ada yang tida, bagi yang berhasil ayo tingkatkan dan pertahankan, dan bagi yang gagal, kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda


Jumat, 07 Mei 2010

SMPN 6 KOTA CIREBON LULUS 100%


Horee.... teriak riuh dan rasa suka cita siswa dan orang tua siswa menggema di SMP Negeri 6 takala mereka tau bahwa mereka telah dinyatakan lulus menempuh pendidikan di SMP Negeri 6 Kota Cirebon.

Tahun ini SMP Negeri 6 Kota Cirebon Lulus 100%, dengan perolehan rata-rata nilai UN sebesar 31.21.

Adapun niai rata-rata permata pelajaran adalah sebagai berikut :
Bahasa Indonesia,Tertinggi 9.60,Terendah 4.00, Rata-rata 7.56
Matematika, Tertinggi 10.00, Terendah 4.25, Rata-rata 8.07
Bahasa Inggris, Tertinggi 9.60, Terendah 4.20, Rata-rata 5.00
IPA,Tertinggi 9.75, Terendah 5.00, Rata-rata 8.08

Namun ada yang aneh di sela suka cita siswa SMPN 6 yang katanya lulus 100%, ternyata terdapat beberapa anak yang menangis lantaran mereka dinyatakan tidak lulus. Usut punya usut, ternyata mereka dinyatakan tidak lulus karena ada nilai ujian sekolah yang belum mereka selesaikan alias belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).

Ternyata nilai ujian sekolah berpengaruh juga ya terhadap kelulusan siswa ?..... Naaah bagi siswa SMPN 6 kelas 9 yang akan datang, jadikan perhatian tuh !!! jangan anggap remeh nilai ujian sekolah.

Buat kelas 9 yang udah pada lulus... semoga kalian makin sukses di jenjang pendidikan kalian yang lebih tinggi. Makin dewasa orangnya, makin semangat belajarnya, dan makin sukses masa depannya... Amiiiin....

Rabu, 14 April 2010

UJIAN PRAKTIKUM TIK 2010


Buat kelas 9 setelah melalui Ujian Nasional dan Ujian Akhir Sekolah, masih ada satu ujian lagi yang harus dilalui untuk dinyatakan lulus dari pendidikan sekolah menengah pertama. Khususnya untuk mata pelajaran TIK kali ini memberikan bahan materi ujian praktek tersebut. Buat kalian siswa kelas 9 yang membutuhkannya dapat kalian lihat dan pelajari materi tersebut. Untuk melihat dan mendownload materi tersebut KLIK DISINI

Berikut ini adalah materi ujian praktek dengan format Video (FLV.
Silahkan perhatikan dan pelajari langkah demi langkah penyelesaiannya, dan bagi yang memerlukanya dapat mendownload melalui YouTube.

Senin, 22 Maret 2010

Study Banding Ke SMPN 36 Bandung

Pukul 03.00 hari Senin dini hari semua guru dan karyawan SMPN 6 berkumpul di halaman parkir sekolah di mana bus pariwisata yang akan membawa mereka menuju sejumlah tempat tujuan telah siap untuk melaksanakan tugasnya.

Kali ini rombongan SMPN 6 Kota Cirebon memiliki tujuan untuk melakukan Study Banding ke SMPN 36 Bandung yang merupakan SMP penerima penghargaan Adiwiyata, yakni penghargaan bagi sekolah yang memiliki lingkungan yang bersih dan sehat, di samping ada dua tempat tujuan pula yang bakal di kunjungi yakni, Pasar Baru Bandung dan Tempat pemandian air panar Ceater.

Sesampainya di SMPN 36 Bandung rombongan SMPN 6 di buat kagum dengan sambutan yang begitu hangat dan ramah ditambah dengan suguhan pemandangan lingkungan sekolah yang asri, bersih, hijau dan sehat tentunya. Rasa penasaran itu pun berlanjut hingga rombongan SMPN 6 dengan diantar oleh guru-gur SMPN 36 Bandung pun diantar meninjau dan berkeliling melihat-lihat berbagai ruangan, mck, kantin, sanggar UKS, dan taman yang ahirnya menjadi ajang untuk tempat ber foto ria.

Sungguh kagum dan salut, sekolah yang memiliki luas area jauh lebih kecil dan kemampuan keuangan yang juga seadanya mampu mewujudkan sekolah bersih dan sehat dengan berbekal semangat dan moto " DENGAN SEHAT KITA BISA BERBUAT LEBIH BANYAK "

Kamis, 11 Maret 2010

Cape..... Deeeeeh.......

Cape deeeeh.... semua siswa dan guru bilang begitu ketika acara kunjungan Kepala Dinas Pendidikan Kota Cirebon yang di tunggu-tunggu tidak jadi di laksanakan alias di pending, terlebih-lebih bagi mereka yang dilibatkan dalam penyambutan kunjungan tersebut.

Semarak suasana latihan yang jauh-jauh hari dilaksanakan, terasa membekas capeknya. Tapi ada sisi baiknya juga sih, tim penyambutan jadi lebih punya banyak waktu dalam melakukan persiapan penyambutan acara kunjungan tersebut.

Yang lebih kasian lagi pesanan catering tidak bisa di pending, jadi yaaaa dari pada mubadjir mendingan di makan bareng-bareng deh.

Aaaaaaah... cape..... tapi kenyang.......

Eh... tapi ngomong-ngomong kapan jadinya Pak KADIS berkunjung ke SMPN 6 ???......
Tunggu berita selanjutnya .. :) :) :)

Selasa, 09 Maret 2010

ENGLISH CONFERENCE OF 9C

Sabtu, 6 Maret 2010, merupakan hari bersejarah bagi SMP Negeri 6 Kota Cirebon. Pasalnya pada hari tersebut diselenggarakan kegiatan English Conference of 9c untuk pertamakalinya dilingkunngan pendidikan SMP Negeri 6 ini. Kegiatan ini di selenggarakan dengan tujuan menumbuhkan minat siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris, disamping juga memacu kreatifitas dan inovasi bagi para pengajar di SMP Negeri 6, tidak terkecuali pada mata pelajaran Bahasa Inggris saja, namun pada bidang studi lain pun di harapkan sama dapat menampilkan dan menyelanggarakan kegiatan serupa yang merupakan ajang dan sarana bagi siswa untuk menunjukan kebolehannya pada mata pelajaran tertentu.

English Conference ini merupakan kegiatan presentasi berbahasa inggris yang diselenggarakan oleh siswa dan di ikuti oleh peserta yang meliputi Guru, Orang tua Siswa dan seluruh siswa dari kelas 7 sampai dengan kelas 8 yang berminat dan ingin mengetahui jalannya kegiatan tersebut. Pada kesempatan ini pula peserta dapat mengajukan pertanyaan, argumen dan pendapat, tentunya di sampaikan dalam bahasa inggris.

Harapan senanda terdengar dari siswa, orang tua siswa, guru dan kepala SMPN 6 Kota Cirebon, bawasanya kegitan tersebut patut dilestarikan dan dikembangkan serta di contoh oleh matapelajaran lainnya, tentunya dengan konsep dan persiapan yang lebih baik.

Selasa, 02 Maret 2010

Semarak Maulid Nabi

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. di SMP Negeri 6 Kota Cirebon di peringati dengan cukup meriah, hal ini di tandai dengan diadakannya berbagai kegiatan lomba menjelang peringatan yang tepatnya dilaksanakan pada hari Sabtu, tanggal 27 Pembruari 2010. Kemeriahan peringatan tersebut dapat tergambar melalui foto-foto kegitan yang tampak pada postingan kali ini.

Senin, 01 Maret 2010

Mohon Do'a Restu

Setelah web SMPN6 dengan URL : www.smpn6crb.tk yang merupakan redirec ( nama domain singkat ) dari alamat web http://www.geocities.com/smpn6_crb_tik/indext.html sudah tidak aktip lagi, karena dihapus oleh geocities lantaran sekarang geocities sudah didak melayani hosting geratis, maka untuk tidak memutuskan silaturahmi dan informasi kepada keluarga besar smpn 6 Kota Cirebon, di buatlah blog ini. Blog ini juga dapat di akses atau dibuka dengan alamat web www.smpn6crb.tk .Mudah-mudahan bermanfaat.

Salam by. Admin s1177